Penelitian Tindakan Kelas di KB dan TK Kuncup Bangsa Batang

Saturday, August 15, 2009

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Penelitian

Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Pendidikan formal non formal dan/ atau informal.

Pendidikan non formal untuk anak dapat diperoleh melalui Kelompok Barmain (KB). Salah satunya yaitu KB Kuncup bangsa. KB Kuncup Bangsa adalah salah satu KB yang ada di Kota Batang dimana pendirian KB Kuncup Bangsa ini merupakan realisasi dari program Yayasan Bakti yang menggalakkan KB sebagai salah satu bentuk pelayanan pendidikan anak usia dini pada masyarakat. Bidang pengembangan anak di KB ini lebih diinterogasikan pada pengembangan agama Islam.

Program S1 PG. PAUD Universitas Terbuka menargetkan lulusannya menjadi tenaga pendidik PAUD professional, yaitu yang dapat mengembangkan program PAUD dan membuat inovasi-inovasi. Salah satu mata kuliah yang harus ditempuh mahasiswa adalah analisis kegiatan pengembangan anak usia dini. Dalam rangka memenuhi tugas-tugas dalam mata kuliah tersebut maka telah di lakukan penelitian di KB Kuncup Bangsa yang bertujuan mengumpulkan data mengenai kegiatan-kegiatan anak yang dianggap perlu di akhiri lebih lanjut untuk selanjutnya di analisis secara kritis.

B. Fokus Penelitian

Setelah diadakan observasi di KB Kuncup Bangsa maka penelitian ini terfokus pada kegiatan anak yaitu : “Kegiatan bermain bangun membangun dengan balok-balok”.

C. Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan :

a. Mengumpulkan data mengenai :

1. Proses kegiatan belajar mengajar di KB Kuncup Bangsa.

2. Alat-alat permainan edukatif yang ada di KB tersebut.

3. Alasan pendidik melakukan “Kegiatan bermain bangun membangun dengan balok-balok”

4. Tujuan pendidik melakukan kegiatan tersebut

5. Kebijakan yang mendukung pendidik melakukan kegiatan tersebut

6. Mengetahui tingkat perkembangan anak-anak di KB Kuncup Bangsa.

b. Membuat analisis kritis (Critical Analysis) mengenai kegiatan tersebut.

D. Manfaat Penelitian

Penelitian ini bermanfaat untuk :

a. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sumber untuk penelitian lanjut untuk pengembangan PAUD

b. Memberikan wawasan dan pengetahuan pada mahasiswa tentang proses belajar di KB Kuncup Bangsa.

c. Melatih mahasiswa dalam melakukan penelitian kelas

d. Memberi masukan terhadap kegiatan pengembangan anak di KB Kuncup Bangsa

e. Mengembangkan kemampuan mahasiswa untuk menganalisis suatu kegiatan anak di lembaga PAUD

download laporan dokumentasinya dibawah ini :
PTK KB dan TK Kuncup Bangsa

3 comments:

Anonymous said...

terima kasih artikel nya, sangat membantu.

salam hangat :)

sama sama

Unknown said...

terima kasih artikel nya, tolong lebih lengkap lagi

Post a Comment

 
 
 

Popular Posts

My Blog List